Senin, 16 November 2009

Coating Kapal



Didalam pembuatan sebuah kapal perlu melalui proses finishing berupa pengecatan pada lambung kapal, atau yang seri diistilahkan dengan coating, sehingga diharapkan sistem coating ini mampu bekerja secara maksimal mengurangi terjadinya korosi pada plat lambung kapal. Untuk dapat mengetahui sistem coating yang tepat maka perlu adanya proses perbandingan antara berbagai metode coating yaitu metode airless spray, metode roll, dan metode kuas (brush) dengan 2 jenis (merk) cat yang digunakan untuk 2 bagian lambung kapal yaitu bagian bottom – bottop dan bagian topside. Disini juga akan dibahas macam-macam biaya dalam proses hull coating, diantaranya biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya langsung terdiri atas biaya persiapan material, biaya material, dan biaya tenaga kerja. Sedangkan biaya tidak langsung berupa biaya – biaya overhead yang besarnya dinyatakan dalam persentase dari jumlah total biaya langsung. Dengan membandingkan ketiga metode coating dapat diketahui bahwa metode yang paling sesuai secara teknis dan ekonomis adalah metode airless spray.

oleh Astrid Wulandari
sumber:digilib.its.ac.id/detil.php?id=2256&q=biaya - Tembolok

1 komentar:

  1. ada contoh perhitungan untuk penggunaan coating pada lambung mbak, sering kali saya selaku perusahaan rugi pada saat pengecatan d bagian lambung saja

    BalasHapus